ArtikelParenting

Bagaimana Cara Mengetahui Bahasa Cinta Anak Saya ?

family2.jpgJika Anda sudah membaca artikel sebelumnya mengenai Apa Bahasa Cinta Anak Anda ? dan penjelasan tentang masing-masing bahasa cinta yaitu Kata-kata Pendukung, Waktu Berkualitas, Sentuhan Fisik, Hadiah dan Layanan maka sekarang Anda tentu ingin tahu bagaimana cara yang tepat untuk mengetahui apa bahasa cinta anak anda bukan ? Di artikel ini Anda akan belajar beberapa cara untuk mengidentifikasi atau menentukan bahasa cinta utama dari anak anda. Walaupun anak senang bila kita melakukan kelima bahasa cinta padanya, tetapi anak Anda pasti mempunyai bahasa cinta utama dan kedua yang dominan. Nah itulah yang ingin kita identifikasi.

Yang penting perlu Anda ketahui adalah mempelajari bahasa cinta itu membutuhkan waktu, demikian pula untuk menentukan bahasa cinta anak anda, membutuhkan waktu pengamatan paling tidak 2 minggu sampai dengan 1 bulan. Ok, jadi inilah cara-cara yang bisa Anda gunakan untuk mengetahui bahasa cinta utama anak anda.

  1. Amati Cara Anak Mengungkapkan Cintanya ke Anda sebagai Orangtuanya. Anak kecil cenderung mengungkapkan cintanya dengan bahasa cinta yang paling diinginkannya. Apabila anak berusia 5 hingga 8 tahun sering mengucapkan kata-kata penghargaan seperti “Ibu, saya senang sekali dengan makan malamnya” atau “Ayah, terima kasih ya atas bantuannya mengerjakan PR ku” atau “Mama, saya sayang Mama”, Anda boleh menduga dengan tepat bahwa bahasa cinta utamanya adalah kata-kata pendukung.
    Metode identifikasi ini agak kurang efektif pada anak berusia 12 tahun keatas, terutama dengan mereka yang pernah berhasil memanipulasi yaitu anak mengetahui bahwa orangtua cenderung mengikuti kehendaknya bila dia mengucapkan kata-kata manis ke orangtuanya. Itu sebabnya metode ini paling baik digunakan pada anak berusia 5 hingga 10 tahun.
  2. Amati Cara Anak Mengungkapkan Cintanya kepada Orang Lain. Apabila anak kelas satu selalu ingin memberi gurunya sesuatu (dari keinginan anak sendiri, bukan suruhan kita sebagai orangtua), hal ini mungkin menandakan bahwa bahasa cinta utamanya adalah menerima hadiah. Seorang anak yang bahasa cintanya adalah hadiah, akan senang luar biasa sewaktu ia menerima hadiah dan ingin orang lain juga menikmati kesenangan yang sama.
  3. Mendengarkan Permintaan yang Paling Sering Diajukan Anak. Apabila anak anda seringkali mengajak Anda bermain dengannya, mengajak Anda berjalan-jalan bersama atau duduk dan membacakannya sebuah cerita, berarti ia sedang meminta waktu berkualitas. Apabila banyak permintaanya yang cocok dengan pola ini, kemungkinan besar bahasa cintanya adalah Waktu Berkualitas. Memang semua anak butuh perhatian dari orangtuanya, tetapi bagi anak yang bahasa cintanya adalah Waktu Berkualitas, jumlah permintaannya akan waktu bersama akan jauh lebih banyak daripada permintaan lain.
    Apabila anak anda terus-menerus meminta anda komentar tentang hasil kerjanya seperti “Menurut mama gambar buatan saya ini bagaimana ? bagus gak ?” atau “Ma, aku pakai baju ini tampak cantik gak ma ?”, mungkin bahasa cintanya adalah Kata-kata Pendukung. Memang semua anak membutuhkan dan menginginkan kata-kata seperti ini tetapi anak yang punya bahasa cinta kata-kata pendukung cenderung permintaan ini yang dominan.
  4. Perhatikan Keluhan yang Paling Sering Disampaikan oleh Anak. Jika anak sering mengeluh tidak menerima sesuatu dari orangtuanya seperti “Ibu / Ayah tidak pernah punya waktu buat saya” atau “Ibu selalu harus merawat bayi” atau “Kita tidak pernah pergi bersama-sama”, kemungkinan bahasa cintanya adalah Waktu Berkualitas. Kalau dia hanya sekali-sekali mengeluhkan kurangnya waktu bersama, memang tidak langsung berarti bahasa cintanya adalah waktu berkualitas. Setiap anak kadangkala memang lagi suka mengeluh, tetapi bila pola keluhannya konsisten, itu dapat menjadi petunjuk dari bahasa cintanya.
  5. Membiarkan Anak Memilih Satu dari Antara Dua. Anda bisa mengetahui bahasa cinta utama anak Anda dengan membuat dia memilih salah satu dari dua bahasa cinta. Sebagai contoh, seorang ayah mungkin berkata ke anaknya yang berusia sepuluh tahun “Budi, Ayah akan pulang lebih awal Kamis sore, kita bisa pergi mancing bersama atau membantumu memilih sepatu basket baru. Mana yang kau sukai ?” Anak mempunyai pilihan di antara Waktu Berkualitas dan Hadiah. Seorang ibu bisa mengatakan kepada puterinya “Sore ini ibu punya waktu luang, kita bisa jalan-jalan bersama atau memperbaiki rok barumu. Mana yang lebih kau sukai ?” Pilihan ini jelas adalah antara waktu berkualitas dan layanan. Pilihan-pilihan ini bisa memberi petunjuk tentang bahasa cinta anak anda.
    Berikan beberapa pilihan selama beberapa minggu dan catatlah pilihan si anak. Apabila sebagaian besar pilihannya konsisten di salah satu bahasa cinta, kemungkinan besar Anda telah menemukan bahasa cinta anak Anda. Jika Anak anda tidak menginginkan kedua pilihan Anda, coba lagi dengan pilihan lain. Dengan waktu dan ketekunan, Anda akan menemukan pola yang konsisten ini.

Itulah 5 metode / cara yang bisa Anda gunakan untuk mengetahui bahasa cinta utama anak Anda. Dengan mengetahui bahasa cinta utama anak Anda, anda sebagai orangtua akan memiliki sebuah cara yang efektif dalam mengisi tangki cinta anak Anda.

Selamat menjadi orangtua yang menjadi pujaan anak anda !

Komentar dan masukan tentang artikel ini akan sangat bermanfaat bagi semua orang. Silakan isi form komentar di bawah ini. Terimakasih sebelumnya !

Related Articles

12 Comments

  1. Bu Endang,
    Bahasa Cinta anak bisa mulai di kenali setelah umur 6 tahun ke atas. Di DVD Tangki Cinta Anak, saya juga menjelaskan, sebelum usia 6 tahun, orangtua perlu memberikan 5 bahasa cinta ke anaknya, karena anak memerlukan seluruh bahasa cinta tersebut dari orangtuanya.
    Semoga membantu.
    Sukarto

  2. Positif banget artikel ini.

    Saya memang suka menjiwai karakter2 orang, bagaimana mereka merasa dikasihi, Mereka ini khususnya anak2 dan suami saya.
    Saya pernah iseng bertanya pada anak saya yang sudah sekolah TK A, “Yola,teman2mu sekolah ada nggak yang sering dipelukin, diciumin mamanya kayak Yola ini ?”
    Naluri keibuan saya pengen bahasa cinta dengan sadar dirasakan anak, jadi tidak mubazir, ibarat orang bilang “bertepuk sebelah tangan”
    Yola suka ingatin saya ” mamah dah lihat PR ? ”
    Saya sensitif atas pertanyaan / ungkapan anak saya, karena pasti itu bukan sekedar kata2, tapi maknanya dalam.
    Thanks buat daniel rekanku di Tiens yang sudah mengenalkanku pada website yang luar biasa ini.

  3. Thanks for Hypnoparenting
    Semua artikel yang ada disini sangat bermanfaat bagi saya dalam mengasuh dan merawat anak saya, serta membina keharmonisan keluarga.

  4. Terimakasih. Sangat mencerahkan dan memberi semangat menjadi orang tua yang baik. Marilah senantiasa berjuang menjadi sempurna.

  5. Alangkah indahnya masa kanak-kanak bahkan remaja jika semua ortu memahami bahasa cinta anak-anaknya dan memberikan “kasih” dan “perhatian” yang tulus dan tak bersyarat.Mereka tidak perlu lagi mencari “pengakuan” dengan materi,narkoba,pergaulan bebas,yg sifatnya semu serta merusak.Nantinya di masa depan,mereka otomatis akan menjadi pribadi2 yg dapat membagi “kasih” dan menyumbangkan sesuatu yg berguna utk kesejahteraan umat manusia.thanks hypnoparenting.

  6. Sekali lagi saya ucapkan terima kasih banyak atas artikel yang pak Sukarto tulis, ini benar2 menyadarkan saya tentang bagaimana cara mencintai anak2 saya.
    Dengan pengetahuan ini mudah2an waktu saya yang sangat sedikit dan jarang bersama anak2 saya, dapat jadi lebih berkualitas dan menambah cinta saya pada anak2 juga dapat membuat anak2 saya merasa lebih dicintai oleh ayahnya.
    Dan semoga saja, meskipun jauh dan sangat jarang bersama tapi saya tetap dapat menjadi ayah pujaan anak2nya, Amien.

  7. Bagaimana kalau keluhannya dia sering merasa capek kalau habis di marahi atau ditegur karena dia habis melakukan kesalahan?

  8. anak saya suka mengeluh kalo disuruh membereskan mainannya,suka memukul kalau merasa kecewa/marah,apa itu bahasa cinta?

  9. Halo ibu Suci Dewi Hasanah,
    Keluhan yang dimaksudkan di artikel bukan keluhan seperti yang disampaikan oleh anak ibu. Ibu perlu membedakan keluhan karena ia memang ingin perhatian dan keluhan karena ia ingin bebas dari tanggung jawab yang seharusnya ia emban.
    Bahasa cinta adalah cara komunikasi yang digunakan oleh manusia untuk merasakan kasih sayang dari orang lain. Semua jawaban detailnya telah kami dokumentasikan dalam sebuah program pembelajaran yang bisa diakses di sekolahorangtua.com; Silakan cari DVD Tangki Cinta Anak atau Paket ‘The Parenting Foundation’ yang ada di web sekolahorangtua.com

  10. yang jadi pertanyaan saya adalah..bagaimana kita mengetahui bahasa cinta seorang anak yang usianya masih 2th ???

  11. Saya adalah seorang guru ngaji privat dan saya belum menikah namun rasa ingin tahu tentang bagaimana mengubah anak nakal menjadi anak yang tdk nakal lagi.
    Karena anak yang saya ajar disini ada dua orang dan selalu membangkang orang tua mereka dan bahkan tidak mendengarkan kata-kata mereka.
    Bagaimana peran saya dalam mengubah mereka?
    Dan dengan cara apa?

Back to top button
Close
Close